Tentang Orkes Keroncong Esha Karsa Nada

                      Esha Karsa Nada (EKN) merupakan salah satu orkes keroncong yang berasal dari kota Malang. Orkes Keroncong Esha Karsa Nada berdiri sejak tanggal 19-07-2003 di bawah pimpinan Nyonya Hajjah Soedati Warsito Rasman istri dari Bapak Warsito. Bapak Warsito sendiri adalah seorang mantan Wakil Gubernur Jawa Timur periode tahun 1992 – 1994. Kemudian pada periode tahun 1994 – 1999 beliau menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Tengah (Palangkaraya). Nama Esha Karsa Nada sendiri merupakan pergantian nama dari Orkes Keroncong yang dulunya bernama Indonesia Muda (IM) dan bermarkas di dekat pasar Klojen Malang tepatnya di depan gedung bioskop Mutiara lama.
Awal mulanya adalah adanya wasiat dari Almarhum Bapak Sundoro Hamijoyo pemimpin orkes keroncong Indonesia Muda (IM) yang kebetulan adalah saudara dari Ibu Hajjah Soedati W.R. sendiri. Beliau berpesan apabila beliau sudah meninggal maka segala urusan mengenai orkes keroncong diserahkan kepada saudarinya. Akhirnya sepeninggal beliau semua peralatan orkes keroncong beserta sound systemnya dipindahkan ke rumah Ibu Hajjah Soedati W.R. di jalan Bendungan Batu Jahe Malang. Dan setelah beberapa tahun kemudian nama orkes keroncong IM diganti dengan nama orkes keroncong Esha Karsa Nada tepatnya pada bulan maret 2004 hingga saat ini. Sekertariat Esha Karsa Nada sekarang beralamatkan di Jalan Bendungan Batu Jahe Kavling 9 Poharin Malang (dekat kampus ITN Malang) dan sekaligus merupakan studio latihan bagi EKN.
Sepanjang perjalanannya dari tahun ke tahun orkes keroncong Esha Karsa Nada mengalami beberapa kali pergantian formasi/ pemain. Banyak hal yang melatarbelakangi hal ini, mulai dari faktor usia pemain yang telah lanjut maupun factor kesibukan-kesibukan anggota yang sulit ditinggalkan sehingga tidak bisa terus-menerus aktif berlatih. Karena itulah EKN terus berusaha untuk mencari bibit-bibit baru sebagai generasi penerus di dalamnya. Untuk formasi tahun 2008 ini adalah sebagai berikut:

Nama Orkes Keroncong     : ESHA KARSA NADA
Alamat                                : Jl. Bendungan Batu Jahe Kavling 9 Malang Telp. 0341
Pimpinan                             : Ibu Hajjah Soedati Warsito Rasman
Pemusik

1. Bambang : Gitar Melodi
Keroncong EKN - Gitar Melodi - Bambang
From eshakarsanadacrew

2. Abdul Salam : Biola
Keroncong EKN - Biola - Salam
From eshakarsanadacrew

3. Koko : Keyboard
Keroncong EKN - Keyboard - Koko
From eshakarsanadacrew

4. Bukhori : Saxophone/ Flute
From eshakarsanadacrew

5. Setiyoso : Ukulele/ Cuk
Keroncong EKN - Ukulele - Setiyoso
From eshakarsanadacrew

6. Eko Sulistyo : Tenor/ Cak
Keroncong EKN - Tenor Cak - Eko
From eshakarsanadacrew

7. Nanang : Selo (Cello)
Keroncong EKN - Selo Cello - Nanang
From eshakarsanadacrew

8. Warno : Bass
Keroncong EKN - Kontra Bass - Warno
From eshakarsanadacrew

9. Second Cello : Nono
From eshakarsanadacrew

Penyanyi

1. Christina :
From eshakarsanadacrew

2. Christ :
Keroncong EKN - Singer - Christ
From eshakarsanadacrew

3. Tedjo :
Keroncong EKN - Singer - Tedjo
From eshakarsanadacrew

4. Nansita :
Keroncong EKN - Singer - Nansita
From eshakarsanadacrew

5. Marni S :
Keroncong EKN - Singer - Marni. S
From eshakarsanadacrew

6. Dio Annisa Hapsari
From eshakarsanadacrew

7. Agus Setyawan
From eshakarsanadacrew


Hingga saat ini orkes keroncong Esha Karsa Nada telah mempunyai jam terbang yang tinggi sehingga nama orkes keroncong Esha Karsa Nada ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat penggemar keroncong di kota Malang. Untuk jenis musiknya Esha Karsa Nada lebih cenderung progressif, jadi tidak melulu menampilkan lagu keroncong asli akan tetapi juga lagu-lagu umum, seperti slow rock, barat, pop, top 40, country dan lain-lain. Dengan menggunakan intro, maupun koda yang diaransemen sendiri, orkes keroncong Esha Karsa Nada mencoba untuk bisa masuk atau diterima oleh berbagai elemen masyarakat.baik itu golongan muda maupun yang tua, karena selama ini orkes keroncong lebih identik dengan musiknya orang-orang tua dan sangat jarang golongan muda yang menyukainya.

NB: Update continued...

Bravo Musik Keroncong !!!

03 November 2008

2 Comments:

Anonymous said...

Selamat buat Esha Karsa Nada

Anonymous said...

Hello Esha.... nice music and blog !!!
Congrats !!!!

Post a Comment

Mau kasih komentar silahkan di bawah ini

Keroncong Find

 
Esha Karsa Nada - Keroncong Information Blog - Copyright 2008 Malang