Festival Musik Keroncong Se-Jawa Timur Di Kota Kediri

            Beberapa bulan yang lalu tepatnya di bulan Agustus 2008, di kota Kediri diadakan festival keroncong se-Jawa Timur. Kegiatan ini diselenggarakan oleh pemerintah Kediri yang bekerjasama dengan beberapa sponsor terkait.. Pada kesempatan kali ini orkes keroncong Esha Karsa Nada ikut ambil bagian. Dan walhasil orkes keroncong Esha Karsa Nada meraih juara harapan.

Adapun lagu-lagu yang ditampilkan saat itu adalah:
1. Keroncong Pemuda-pemudi dilantunkan oleh Mas Tedjo
2. Stambul Cacha dibawakan oleh Christina
3. Kiss Me Quick dibawakan oleh Christ
           Festival ini sendiri diikuti oleh sekitar 57 Group Orkes Keroncong yang semuanya berasal dari daerah Jawa Timur. Dengan jumlah peserta sebanyak ini sebenarnya sudah bisa dikatakan lumayan untuk ukuran orkes keroncong. Ya karena kita sadari musik keroncong masih jarang peminatnya terutama dari golongan pemuda.

Adapun peraih juara dalam festival ini adalah sebagai berikut:
1. Juara I                   : Orkes Keroncong Ikabama dari Surabaya
2. Juara II                  : Orkes Keroncong El Beneto dari Kediri
3. Juara III                 : Orkes Keroncong Esha Karsa Nada dari Malang

Disamping sebagai wujud pelestarian budaya musik keroncong, festival seperti ini juga sebagai sarana untuk memacu kreativitas dalam bermusik bagi para musisi-musisi keroncong khususnya sehingga kualitas musik keroncong menjadi lebih baik. Sudah tentu menjadi harapan kita semua agar kegiatan seperti seyogyanya rutin dilakukan entah itu 1, 2 , atau 3 tahun sekali sehingga bisa menjadikan motivasi sekaligus merangsang tumbuh kembangya musisi-musisi keroncong yang baru di Jawa Timur khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Semoga even-even serupa bisa segera menyusul di kota-kota lainnya agar supaya musik keroncong semakin berkembang dan dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat.

Bravo musik keroncong !!!

13 November 2008

1 Comment:

Anonymous said...

Congratulation !!!

Post a Comment

Mau kasih komentar silahkan di bawah ini

Keroncong Find

 
Esha Karsa Nada - Keroncong Information Blog - Copyright 2008 Malang