Orkes Keroncong Malang Utara (MU) Di Pentas Musik Keroncong RRI Malang

           Pentas keroncong RRI Malang untuk yang kesekian kalinya tepatnya tanggal 2 Desember 2008 diisi oleh orkes keroncong Malang Utara pimpinan Ibu Danar Safitri. Pada kesempatan kali ini orkes keroncong MU tampil dengan beberapa generasi mudanya dari kalangan remaja putri. Ada yang masih duduk di sekolah menengah tingkat pertama (SMP) seperti adik Henny dan ada juga yang SMU. Dengan munculnya generasi seperti ini tentu merupakan suatu pertanda baik buat keberadaan serta perkembangam musik keroncong yang ada di Malang khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Ini menunjukkan bahwa sedikit banyak acara seperti Pentas Musik Keroncong RRI Malang ini ternyata bisa menarik perhatian dari kalangan generasi muda. Dengan semakin banyaknya peminat dari kalangan generasi muda seperti ini maka keberadaan kesenian keroncong akan senantiasa terjaga/ exist dan mulai bisa diterima oleh berbagai elemen yang ada di masyarakat.
          Lagu-lagu keroncong yang ditampilkanpun akhirnya semakin bervariasi tidak melulu lagu-lagu keroncong asli karena hal ini termasuk salah satu cara agar generasi muda bisa tertarik dengan musik keroncong. Yang salah satu caranya adalah dengan menampilkan lagu-lagu yang lagi ngetrend di kalangan muda sekarang tapi dikemas dalam bentuk irama keroncong. Ini sekaligus sebagai sebuah proses pembelajaran untuk kemudian mempelajari lagu-lagu keroncong asli, karena secara teknis memang lagu-lagu keroncong asli diakui tergolong sulit dan perlu banyak belajar untuk itu. Satu hal lagi yang menarik perhatian pada pentas kali ini adalah adanya beberapa lagu yang dinyayikan secara duet atau koor oleh penyanyi dari orkes keroncong Malang Utara sehingga tampak adanya perbedaan nuansa di dalamnya.
           Adapun beberapa lagu yang ditampilkan pada acara Pentas Musik Keroncong RRI Malang oleh O.K Malang Utara kali ini adalah sebagai sebagai berikut:

1. Keroncong Pop Nafasmu oleh Fitri & Wiwin
2. Keroncong Petir oleh Nur Basuki (Ketua Pamori Malang)
3. Keroncong Langgam Bunga Anggrek oleh Uut
4. Keroncong Pop Sersan Mayorku oleh U’ut dan Fitri
5. Keroncong Campursari Gemes oleh Uut & Fitri

Bravo Keroncong dan RRI Malang !!!

03 December 2008

0 Comments:

Post a Comment

Mau kasih komentar silahkan di bawah ini

Keroncong Find

 
Esha Karsa Nada - Keroncong Information Blog - Copyright 2008 Malang