Komunitas Keroncong Cyber (KC) - Tjroeng dan Milis Keroncong

                  Beberapa tahun yang lalu tepatnya pada hari sabtu 11 juni 2005 pukul 12.05 berdirilah sebuah komunitas yang bernama Komunitas Keroncong Cyber disingkat KC atau juga dikenal dengan Komunitas Tjroeng. Dan sepengetahuan saya ini merupakan sebuah komunitas keroncong terbesar di dunia internet untuk saat ini.
Tentu saja keberadaan Komunitas Keroncong Cyber dan Milis Keroncong seperti ini merupakan suatu berita dan langkah yang bagus terutama bagi keberadaan musik keroncong sendiri. Mengapa demikian?
Karena banyak manfaat yang dapat kita ambil dari hal-hal seperti ini:
Pertama, mengenai existensi dari keroncong itu sendiri di mata dunia. Dengan adanya komunitas seperti ini maka akan semakin membuktikan dan menguatkan bahwa musik keroncong memang musik asli bangsa Indonesia. Melalui proses akulturasi yang cukup lama serta berbagai adaptasi terhadap instrument yang digunakan sehingga terciptalah musik keroncong tersebut.
Kedua, terjalinnya silahturahmi antar penikmat, musisi, pemerhati serta penggemar musik keroncong di seluruh tanah air bahkan dunia. Komunitas ini bersifat independen serta terbuka dengan menjunjung tinggi asas pluralisme, non partisan, dan non sektarian. Karena internet merupakan sarana yang hampir tiada batas dimanapun kita berada. Selama ada koneksi maka kita akan bisa terhubung dengan Kominitas Keroncong Cyber ini. Terbukti anggota yang tergabung dalam komunitas cyber ini tidak melulu datang dari Indonesia, ada juga yang dari Malaysia bahkan Belanda. Dan untuk saat anggotanya sudah mencapai 350 lebih (saat ditulisnya berita ini).
Ketiga, sebagai sarana tukar menukar pendapat serta diskusi mengenai musik keroncong dan kelanjutannya di masa depan.
Keempat, sebagai sarana edukasi/ pembelajaran keroncong dalam berbagai bidang. Hingga saat ini sudah banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh Komunitas Keroncong Cyber ini, mulai dari bidang pendidikan seperti pelatihan musik keroncong untuk anak-anak sekolah, diskusi, sarasehan dan juga seminar. Untuk bidang apresiasi juga telah diadakan festival, lomba mapaun roadshow.
Dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.
Untuk itulah keberadaan Komunitas Keroncong Cyber (KC) seperti ini seyogyanya wajib kita dukung sepenuhnya sebagai bentuk kepedulian kita terhadap budaya bangsa kita pada umumnya dan musik keroncong khususnya. Karena tanpa generasi muda sebagai generasi penerus maka musik keroncong tidak akan ada artinya kelak di kemudian hari.










Untuk informasi lebih lanjut silahkan anda lihat di sini:
Milis       : http://launch.groups.yahoo.com/group/keroncong
Email      : tjroeng@yahoo.com
Informasi: www.tjroeng.com
Anda juga bisa mendapatkan buletin tjroeng setelah anda bergabung.

Salam Tjroeng !!!
Bravo keroncong !!!




31 March 2009

0 Comments:

Post a Comment

Mau kasih komentar silahkan di bawah ini

Keroncong Find

 
Esha Karsa Nada - Keroncong Information Blog - Copyright 2008 Malang