PARADE KERONCONG MALANG RAYA 9-10 April 2009

            Sehubungan dengan Ulang Tahun Kota Malang yang ke sekian kalinya, pihak Dinas Pariwisata kembali menggelar berbagai acara sehubungan dengan kesenian yang ada di kota Malang salah satu yang diselenggarakan adalah Parade Keroncong. Acara ini sebetulnya dikemas dalam bentuk Festival bukan Parade, akan tetapi karena pemberitahuan yang mendadak dan kesempatan yang diberikan oleh Pihak Dinas Pariwisata Kota Malang sebagai persiapan hanya selama satu (1) minggu akhirnya banyak Orkes Keroncong di Malang yang kurang siap untuk mengikuti kegiatan Festival ini. Dan juga adanya beberapa aturan megikat lain yang tidak dapat dipenuhi mengakibatkan banyak Orkes yang tidak bisa mengikuti. Padahal kalau dilihat dari banyaknya Orkes Keroncong yang aktif dalam acara Pentas Musik Keroncong RRI Malang yang dilaksanakan setiap hari selasa pukul 20.00-22.00 WIB tentu diharapakan pesertanya juga sebanyak itu. Untuk tahun ini saja sekitar 19 Group Orkes Keroncong yang aktif di Malang. Dan memang ada beberapa pemain yang aktif lebih dari satu orkes, hal ini juga dikarenakan terbatasnya pemain atau musisi yang bisa menguasai alat-alat tertentu seperti biola dan flute sehingga harus bergabung lebih dari satu orkes keroncong.

            Masalah tersebut akhirnya berimbas pada kegiatan ini karena ada sebagian yang menghendaki aturan demikian, artinya tidak boleh adanya pemain yang sama dalam tiap gruop/ orkes keroncong yang tampil. Sehingga dengan adanya aturan ini banyak orkes keroncong yang akhirnya mengundurkan diri dalam acara teknical meeting. Di samping juga waktu persiapan kurang cukup bagi peserta.
Akhirnya dengan kondisi ini terjadi tarik ulur jadwal dan kemasan acara, yang seharusnya festival menjadi parade. Pemberitahuan panitia tentang hal inipun di rasa juga sedikit terlambat karena jadwal acara juga semakin dekat sehingga banyak yang memutuskan untuk mengundurkan diri.

            Dengan pengalaman ini tentunya kita berharap ke depan agar apabila ada acara serupa seharusnya direncanakan yang lebih matang agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi. Karena kita tahu musik keroncong merupakan salah satu aset budaya bangsa yang harus tetap kita jaga kelestariannya sekaligus membudayakan musik keroncong ke dalam masyarakat.

Hasil tehnical meeting terakhir
 - PARADE MUSIK KERONCONG MALANG RAYA -
HARI          : KAMIS DAN JUM'AT
TANGGAL : 9-10 APRIL 2009
PUKUL       : 18.00 - SELESAI
TEMPAT     : MALANG OLYMPIC GARDEN (MOG)
                      JL. KAWI MALANG (STADION GAJAYANA MALANG)

Orkes Keroncong yang akan tampil tanggal 9:
1. ESHA KARSA NADA
2. GEMA IRAMA NUSANTARA
3. SAHABAT LAMA
4. YUNIOR MAHARDIKA

Orkes Keroncong yang akan tampil tanggal 10:
1. MALANG UTARA
2. CHANDRA KIRANA
3. GITA BRAWIJAYA


NB: kemungkinan jumlah peserta bisa berubah.

04 April 2009

0 Comments:

Post a Comment

Mau kasih komentar silahkan di bawah ini

Keroncong Find

 
Esha Karsa Nada - Keroncong Information Blog - Copyright 2008 Malang