Internasional Keroncong Festival

            Sebanyak 14 grup keroncong akan tampil dalam ‘Internasional Keroncong Festival’, tanggal 4-6 Desember 2008, di Sitiinggil Keraton Kasunanan Surakarta.
Internasional Keroncong Festival ini di Sitiinggil telah disediakan 100-200 tempat duduk undangan khusus dan bagi penonton umum yang gratis bisa melihat di layar lebar di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta, kata Ketua Panitia, Beng Mitosih, di Solo, Selasa [02/12].
           Acara yang diikuti 14 grup keroncong berasal dari berbagai daerah dan satu di antaranya asal Malysia ini, nantinya juga akan dimeriahkan oleh penyanyi terkenal Ikhsan Idol, Tia AFI, dan Melly Goeslaw.
           Dalam acara ini nantinya akan diawali oleh tampilnya ‘Solo Keroncong Orkestra” yang dimainkan oleh 40 anak-anak muda. Melalui penampilan ini diharapkan akan bisa memberikan suasana tersendiri bagi generasi muda untuk mencintai jenis musik ini.
           Melalui kegiatan ini diharapkan keroncong bisa lebih banyak digemari oleh masyarakat dan tidak hanya generasi tua, tetapi juga kepada generasi muda yang ada di Tanah Air ini. Mengenai dipilihnya tempat acara tersebut, ia mengatakan, sekaligus untuk mempromosikan Keraton Kasunanan Surakarta sebagai tempat objek pariwisata, melalui ini pula diharapkan bisa membangkitkan ekonomi. Sebanyak 14 group keroncong tersebut di antaranya yakni Harmony Chinese Musik asal Bandung, Yayasan Warisan Johor Malaysia, Irama Bama Surabaya, dan Rinonce Yagyakarta.

Sumber : beritasore.com


 
           SOLO, JUMAT — Sejumlah grup musik keroncong dari beberapa daerah dan Malaysia, malam ini, Jumat (5/12), tampil dalam Festival Keroncong Internasional (International Keroncong Festival/IKF 2008) yang berlangsung di Keraton Surakarta, Solo (Jateng). Selain grup musik dari beberapa daerah, kegiatan ini diikuti peserta dari Yayasan Warisan Johor dari Malaysia.
             Sesuai jadwal, malam ini akan tampil kelompok musik Bintang Remaja (Pati), Rinonce (Yogyakarta), dan Irama Pakuan (Bogor). Yayasan Warisan Johor dan Solo Keroncong Orkestra yang sempat tampil pada malam pembukaan IKF, Kamis (4/12) malam kemarin, juga akan tampil kembali. Rencananya, hari kedua IKF 2008 ini akan menampilkan bintang tamu, Tia dan Haikal AFI.
Festival Keroncong Internasional yang dimulai sejak Kamis kemarin dipusatkan di Sitihinggil Keraton Surakarta, menampilkan karya musik keroncong dari sejumlah grup musik di beberapa daerah dan Malaysia.
Festival yang akan berlangsung hingga Sabtu (6/12) besok diikuti satu grup keroncong Yayasan Warisan Johor (Malaysia) dan dari luar wilayah Surakarta yakni Harmony Chinese Music Group (Bandung), Canina (Surabaya), Congrock (Semarang), Irama Bama (Surabaya), Rinonce (Yogyakarta), Bintang Remaja (Pati), Irama Pakuan (Bogor), Nadya Dewi (Purbalingga), KR 56 (Lampung), Cyber (Bandung), dan Merah Putih (Bandung) .
           Sementara dari wilayah Surakarta, hadir Solo Keroncong Orkes, Orkes Tirta Lawu, Orkes Damai, Orkes Minimalis, dan Orkes Solo Senior. Selain tampil dalam festival, para peserta akan menampilkan pertunjukan keroncong di Solo Grand Mall dan Solo Square.
Sumber : kompas.com

05 December 2008

2 Comments:

Harmony said...

Salam kepada seluruh penggemar keroncong, untuk penampilan Harmony dapat dilihat di youtube dengan link : http://www.youtube.com/watch?v=F7Wgq2OHlJo

sandi sullivan said...

saya sangat menyukai musik keroncong
bulan januari kemaren,,,saya dan teman2 unnes berhasil mencatatkan rekor dunia "keroncong orchestra dengan pemain terbanyak 348 orang"

maju terus musik keroncong,
kita harumkan nama INDONESIA didunia.

Post a Comment

Mau kasih komentar silahkan di bawah ini

Keroncong Find

 
Esha Karsa Nada - Keroncong Information Blog - Copyright 2008 Malang